Sembilan buku dalam sebulan??

July 9, 2009

Satu fakta tentang liburan saya kali ini: saya telah melahap habis (membaca) sembilan buku.

Berikut buku-bukunya berdasarkan yang saya baca paling awal :

  1. I Kissed Dating Goodbye oleh Joshua Harris
  2. N or M oleh Agatha Christie
  3. The Return of Sherlock Holmes oleh Arthur Conan Doyle
  4. Saman oleh Ayu Utami
  5. Tuhan Maha Tahu Tapi Dia Menunggu oleh Leo Tolstoy
  6. Tuhan dan Hal-Hal Yang Tidak Selesai oleh Goenawan Muhamad
  7. Study in Scarlet oleh Arthur Conan Doyle
  8. Titanium oleh Sitta Karina
  9. Larung oleh Ayu Utami

Disertai dua buku yang saya bali, tetapi belum saya baca yaitu :

  1. And Then There Were None oleh Agatha Christie
  2. The Italian Secretary oleh Caleb Carr

Inilah penyebab krisis ekonomi yang saya alami akhir-akhir ini. Entah kenapa, semangat saya untuk membaca sedang tinggi-tingginya akhir-akhir ini.

Saya mau membahas satu persatu secara singkat buku yang telah dan akan saya baca tersebut.

Yang pertama adalah buku yang saya beli karena rekomendasi teman saya. Berisi tentang pemikiran sang penulis yaitu Joshua Harris yaitu menolak dating yang tidak disertai oleh komitmen. Satu kutipan yang saya suka :

“Sukacita keintiman adalah upah dari komitmen.”

Yang kedua adalah novel tentang kisah pasangan Tommy dan Tuppence yang menyelidiki mata-mata Jerman yang masuk ke Inggris. Mereka berdua dipekerjakan kembali setelah keduanya mengalami kesuntukan pasca masa pensiun mereka.

Yang ketiga adalah novel tentang kumpulan kasus Sherlock Holmes. Sebenarnya buku ini sudah pernah saya baca, dan saya bahkan sudah punya banyak sekali seri novel Sherlock Holmes ini. Tapi akhirnya hanya tersisa satu karena hilang, yang membuat saya memutuskan untuk memulai  membeli lagi semuanya. Dan sialnya, kumpulan kasus yang dijual yang saya temui hanyalah Return of Sherlock Holmes ini. Saya sedang mencari His Last Bow. Ada yang tahu dimana mencarinya?

Yang keempat adalah buku dengan cara penceritaan yang unik, tetapi membuat buku ini menjadi amat menarik untuk dibaca. Walaupun dalam buku ini memang terdapat tokoh yang bernama Saman, tidak membuat buku ini menjadi semakin mudah untuk diikuti alurnya. Akan tetapi buku ini amat menarik bagi saya.

Yang kelima telah saya singgung di tulisan saya yang sebelumnya.

Yang keenam adalah buku yang membuat saya bingung,,hahaha. Walaupun saya telah benar-benar berkonsentrasi, tapi tetapi saja saya tidak bisa mengerti keseluruhan isi buku ini.

Yang ketujuh adalah buku pertama dari seri Sherlock Holmes. Menceritakan pertemuan pertama Sherlock Holmes dengan sobat karibnya yaitu Watson. Serta menceritakan kasus pertama yang ditangani oleh Sherlock Holmes bersama dengan Watson.

Yang kedelapan adalah buku adik saya (saya yang membelikan). Buku ini terpaksa saya baca karena kebetulan saya sedang kehabisan buku baru untuk dibaca saat itu. Buku ini seperti kebanyakan novel remaja pada umumnya dengan tema yang diangkat adalah cinta antara pria kelas atas dan wanita yang tidak suka dengan masyarakat kelas atas. Menurut saya seperti Meteor Garden versi Indonesia.

Yang kesembilan adalah buku kelanjutan dari Saman. Buku ini menghadirkan tokoh baru yang bernama Larung. Dibanding Saman, saya lebih menyukai Larung ini, walaupun masih menggunakan cara penceritaan yang sama.

Dari kesembilan buku ini, yang saya berikan nilai maksimal adalah I Kissed Dating Goodbye dan Larung.

Dua buku yang belum selesai saya baca adalah novel detektif.

Yang pertama katanya adalah salah satu mahakarya Agatha Christie. Sebenarnya saya sudah punya dan sudah membacanya juga. Akan tetapi, nasibnya sama seperti seri Sherlock Holmes saya, sehingga saya memutuskan untuk membeli lagi.

Yang terakhir adalah novel tentang Sherlock Holmes. Saya tertarik membacanya karena Caleb Carr katanya adalah penulis yang diberi permintaan untuk membuat lanjutan cerita tentang Sherlock Holmes setelah Arthur Conan Doyle meninggal.

Kalau dirata-ratakan, buku yang paling banyak saya baca liburan ini adalah buku tentang detektif. Mungkin karena tidak terlalu berat dan tidak perlu terlalu banyak berpikir untuk membacanya (walaupun saya juga mencoba menerka-nerka siapa pelakunya). Dan lagi, saya menyukai cara pengambilan kesimpulan dari tokoh-tokoh di novel detektif (dan Sherlock Holmes adalah yang terbaik menurut saya).

Semoga dua buku terakhir bernasib sama seperti kesembilan pendahulunya – terlahap habis.

14 Responses to “Sembilan buku dalam sebulan??”

  1. KeffiKarina said

    Banyak banget bang yang lo baca selama sebulan..;
    tumbeeeen…
    pengen deh baca buku sebanyak itu,,tapi masih KP..huwa…
    oke
    semua buku yang lo baca, cuma dua yang gw pernah mengalami fase tertarik yang amat sangat yaitu larung dan saman. tapi itu jg waktu SMA jadi lupa..
    eh,bukannya dua buku itu berhubungan,ya?

    bang,pinjem yang I kissed dating goodbye dong..
    boleh?

    makasii..
    GBU

  2. Rebecca Bloom said

    oh..lo br belajar baca..ato cita2 lo jadi penjual buku ya.baru tau g.
    haha
    eh kef..buku yg mau lu pinjem kan lg dipinjem ma org laen.ya ga reg?haha.siapa ya kira2:p
    beli aj kef..nanti kan g bs pinjem..hahaha
    eh udah pd baca Gading2 Ganesha lom?ktnya bagus.ga tau jg sih.

  3. dwihutapea said

    kalah lo rega ama gw…
    gw dalam seminggu uda baca lebih dari 10 jurnal dong…hahhahaa…lebih dahsyat kan gw??
    itu belum ditambah beberapa handbook..dan semuanya berbahasa inggris…hakhakhak…

    okee…salut sama rega…
    ditengah-tengah kesibukan masih sempet baca2 buku lain untuk memperkaya pikiran..
    lanjutkan!!

  4. dwihutapea said

    @keffi&becca: uda kalian berdua sama2 beli aja…tar gw pinjem..halaaah…
    emang siapa bek yang minjem bukunya ke rega??

  5. Rebecca Bloom said

    gilaaaaaaaa…sadis dwiiiiii
    kalah nih g yg dlm seminggu bengong terus tiap malem.energi aktivasi g kynya sangat tinggi.
    salut buat dwi dan rega.g emg kga suka baca.titik.g sukanya maen2 doank..
    Tuhan ampuni aku

  6. Rebecca Bloom said

    tau yah siapa yang pinjem.coba rega..dijelaskan siapa yg pinjem

    • bedua ama dwi udah kyk ceting2an aj,,haha..

      kyknya tu buku lagi hot yah??
      okeh,,gua konfirmasi..
      yang lagi minjem si david..
      kalo mau minjem,,suruh dia cepetan baca tuh..

  7. KeffiKarina said

    baru liat,,
    hahaha…
    iya,iya…bukunya di bang david tapi kata bangrega mau dipinjem ke bang okta..
    hiks..
    ka beka bli bukunya doooong
    biar bisa gw pinjem
    eh,ka dwi,,,buku ku sudah dibaca?
    ada yg mau pinjam..
    hehehe

  8. Salut gw ga..
    nomor 6 ribet ya ga?pengen baca, tapi ada sedikit keraguan..haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: