Living in pressure..

April 5, 2009

Ada satu fakta unik yang saya dapatkan di kuliah Mekanika Fluida hari ini. Pelajaran itu mengajarkan tentang tekanan (p). Fakta unik yang saya dapatkan adalah mengenai tekanan di bumi. Selama ini mungkin kita mengetahui berapa tekanan bumi yaitu 1 atm (atmosphere). Akan tetapi tahukah kita seberapa besar 1 atm itu? Akan saya coba jelaskan.

Tekanan 1 atm adalah sebesar 1,0133 x 105 Pa (Pascal) atau bisa kita dekati sebesar 1 x 105 Pa. Sesuai rumus tekanan di fluida,

P = ρ.g.h + p0

Dimana ρ adalah massa jenis fluida, g adalah gravitasi bumi, h adalah kedalaman fluida dan P0 adalah tekanan atmosfir yaitu sebesar 1 atm.

Coba kita masukkan nilai ρ dengan fluida air yaitu 1000 kg/m3 , lalu g adalah gravitasi bumi yaitu sekitar 9,81 m/s2 yang dapat kita dekati dengan 10 m/s2 dan terakhir memasukkan h yaitu 10 m. Kita akan mendapatkan nilai 105 (kg.m2)/(m3.s2) atau 105 (kg.m/s2)/m2 atau 105 N/m2.

Nilai 105 N/m2 adalah setara dengan 105 Pa. Apabila kita memasukkan nilai P0 adalah sebesar 105 Pa, maka kita mendapatkan :

P = (105 + 105) Pa = 2 x 105 Pa

Lalu, dengan memakai kesetaraan 1 atm = 105 Pa, kita dapatkan :

P = 2 atm

Ya, inilah fakta menarik yang saya dapatkan di kuliah tadi. Ternyata tekanan 2 atm itu kira-kira sebesar tekanan yang kita dapatkan apabila kita menyelam sejauh 10 meter di dalam air. Dengan gambaran tersebut, kita sudah bisa membayangkan bukan kira-kira sebesar apa 1 atm itu? Ternyata tekanan 1 atm itu cukup besar.

Mengetahui fakta itu, saya lalu berpikir sejenak. Ternyata kita selama ini hidup di bawah tekanan yang besar. Mungkin itu salah satu alasan kenapa ketika bayi baru lahir mereka menangis. Mereka terkejut dengan tekanan yang besar itu. Kesimpulan pertama, manusia memang hidup dengan tekanan.

Hidup ini memang penuh dengan tekanan. Bahkan selalu. Mungkin tekanan bukan hanya dalam fisik, tetapi tekanan dalam batin juga seperti kegagalan atau apapun itu. Bahkan mungkin ketika kita berada dalam zona nyaman, kita mengalami tekanan juga. Sesuai dengan pelajaran Mekanika Fluida tadi bukan? Kita memang selalu hidup dalam tekanan. Setiap saat dalam hidup kita di bum ini, kita selalu mendapatkan tekanan.

Apakah kita menyerah kepada tekanan itu? Tentu tidak, bukan? Kita mungkin terlahir di bawah tekanan yang besar, tetapi kita berhasil melewatinya bukan? Kita bahkan bisa hidup dengan tekanan besar itu tanpa menyadarinya. Kita berhasil terbiasa dengan tekanan yang besar itu. Ya, kita adalah manusia kuat yang berhasil mengalahkan tekanan. Anda sadar atau tidak, anda adalah manusia yang kuat. Kesimpulan saya berikutnya, manusia hidup untuk mengalahkan tekanan.

Hidup kita adalah hidup yang selalu ditekan. Tidak ada manusia yang tidak pernah mengalami tekanan. Tetapi, bersyukurlah, kita dikaruniai kekuatan, kekuatan untuk bisa menang atas setiap tekanan. Karena itu, jangan pernah kalah oleh tekanan. Kita pasti bisa mengalahkan tekanan itu. Karena kita terlahir untuk menang. Karena kita adalah pemenang.

5 Responses to “Living in pressure..”

  1. inez said

    apa2an sih ga diawali dengan rumus2 mekflu bgitu ==” bikin gw males baca ke bawah2nya [meski akhirnya tetep dibaca jg]

  2. amin ga, gw yakin ketika tekanan yang kita alami sifatnya kontinu, dn kalau udah berhasil keluar, luar biasa rasanya..makanya selagi muda, salah itu biasa, susah itu biasa..hehe

  3. regasadja said

    @inez
    yah,,biar sekali2 ilmu kelektroan kepake juga sih,,hehe..
    sayang soalnya ilmu kyk gini gak dikasitau..

    @robin
    yuk,,bener bin..ketika kita udah biasa menghadapi tekanan,,kita gak akan takut menghadapi tekanan itu lagi..

  4. Rebecca said

    smua dah ngepost crt naek gunung yg terbaru tuh..lu update jg donk

  5. regasadja said

    yuk,,tunggu tanggal mainnya,,hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: