Let it be….

March 13, 2009

Kemaren saya menonton suatu film, gak tau nama filmnya apa. Filmnya itu adalah film musikal, dialog di film itu sebagian besar adalah lagu. Kebetulan ada salah satu lagu yang saya suka di salah satu adegan, yaitu Let It Be dari The Beatles. Saya jadi tertarik untuk mendengar lagu ini kembali. Akhirnya saya pun memutar lagu ini di komputer saya, dan membaca liriknya.

Let It Be dibuat oleh The Beatles, tepatnya Paul McCartney saat mereka sedang di dalam masalah dan terancam bubar. Paul bermimpi bahwa ibunya, Mary, mendatangi dia dan berkata, bahwa semuanya akan baik-baik saja.

“When i find myself in times of trouble

Mother Mary comes to me

Speaking word of wisdom

Let it be..”

Let It Be – The Beatles

Dalam hidup kita, masalah pasti akan selalu ada. Ya, semua manusia pasti pernah, sedang dan akan dirundung masalah. Akan tetapi, bagaimana kita menyikapi masalah yang kita hadapi?

Berusahalah!

Hidup adalah tentang perjuangan bukan? Selayaknya, setiap lembar dari catatan kehidupan kita dipenuhi oleh lembaran-lembaran cerita perjuangan. Adalah hal yang aneh, ketika kembaran kehidupan kita dipenuhi oleh ratapan dan keluhan ketimbang semangat untuk berjuang.

Tetapi, pasti kita pernah mengalami frustasi ketika kita sudah berjuang, tetapi seakan-akan tidak ada jalan. Saya sendiri pernah mengalaminya. Ketika melihat lirik lagu Let It Be, saya mendapatkan satu pelajaran penting lagi dalam menghadapi masalah, yaitu let it be. Let it be disini bukan berarti pasrah, akan tetapi berserah. Ya, berserah…

Berserah berbeda dengan pasrah. Pasrah menurut saya adalah satu kondisi dimana kita hanya menunggu diri kita untuk terbawa oleh suatu keadaan, contohnya saat kita berkata ”udah takdir kok, mau apa lagi.” Sedangkan berserah adalah suatu keadaan dimana kita sudah melakukan yang terbaik yang kita bisa. Berserah mengandung suatu pengharapan, pengharapan akan keadaan yang lebih baik setelah kita melakukan bagian kita, setelah kita berusaha dan berjuang.

Berusaha dan berserah..

Seberat apapun masalah kita, tetaplah berusaha dan berserah. Walaupun seakan perjuangan kita tidak membuahkan jalan keluar, tetaplah berjuang, tetaplah berserah. Berserah kepada Tuhan. Percayalah Dia akan mengerjakan bagian-Nya yaitu rencana kebaikan untuk kita. Masalah-masalah boleh silih berganti datang menghampiri hidup kita, tapi satu yang pasti, Dia selalu memberi jalan keluar dan kekuatan.

“And when the night is cloudy,

There is still a light that shines on me

Shine until tomorrow,

Let it be”

Let It Be – The Beatles

Gelapnya malam pasti akan selalu ada.

Tetapi, mentari pagi pasti datang untuk membuka tabir-tabir kegelapan itu.

Ketika kegelapan datang dan menyelimuti hidup kita, jangan takut!

Berjuanglah tanpa henti…

Dan nantikanlah terang itu datang untuk menyingkapkan kegelapan…

4 Responses to “Let it be….”

  1. dwihutapea said

    whoaaa…makasi ya ga…lo menegur gw banget soal bikin TA…
    sperti ga ada jalan…TA gw ga ada progres..hiks…

    tapi yang penting ada perjuangan bukan keluhan atau ratapan…spakat banget!!

  2. regasadja said

    yukk dwi..
    yang gua yakini sih,,
    ketika motivasi kita bener, kita bener2 niat berjuan buat itu dan berserah,,
    pasti akan ada jalan,,
    hehe…

  3. sarah said

    tadinya iseng buka karna status ym lo..

    spakat gw ma lo ga..
    jangan pasrah ma hidup tapi kerjakan hidup dan serahkan kembali sama DIA..
    Banyak awan yang bisa menutupi sinar matahari,tapi selama bumi berputar matahari tetap kan bersinar. Sepertinya banyak hal yang membuat hidup berat,tapi selam DIA bersama kita semua akan baik pada akhirnya..
    SMANGAT juga pak!!

  4. regasadja said

    yukk,,
    pastinya..
    gak ada masalah yang terlalu besar kalo kita menghadapinya bersama Tuhan..
    semangat juga yahh,,di TA juga,,
    hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: